Sabtu, 08 Mei 2010

Fasilitas Internet

Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang terdapat dalam internet :

· Word Wide Web, disingkat web adalah bagian yang paling menarik dari internet. Kita bisa mengakses informasi-informasi melalui web, tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar-gambar, suara, film dan lain-lain. Untuk dapat mengakses web, dibutuhkan software yang disebut browser. Browser terpopuler saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator.

· Electronic Mail, disingkat e-mail adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui internet. Kita bisa mengirim atau menerima e-mail dari dan ke user internet di seluruh dunia dengan waktu yang singkat dibandingkan jika kita berkirim surat melalui pos. untuk mengirim atau menerima e-mail dibutuhkan program e-mail yang juga terdapat di Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator. Hal terpenting ialah kita harus memiliki sebuah alamat e-mail serta mengetahui alamat e-mail tujuan. Hal yang perlu dilakukan hanya mengetik surat tersebut, kemudian mengirimnya.

· Gopher adalah sistem dimana user dapat mengakses informasi di computer lain. Perbedaan gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, tetapi hanya teks. Oleh sebab itu, gopher mulai banyak ditinggalkan para user internet saat ini.

· File Transfer Protocol disingkat FTP. Melalui software FTP ,anda bisa mengirim data atu file dari satu computer ke computer lain. Proses mengirim file dari sebuah computer ke computer anda disebut download. Proses mengirim file dari computer anda ke computer lain disebut upload.

· Telnet . dengan menggunakan telnet, kita bisa menggunakan computer untuk berhubungan dengan computer orang lain dan mencari atau mengambil informasi-informasi yang ada di computer tersebut.

· Chat Groups/Internet Relay Chat (IRC) adalah forum dimana user dapat saling berbincang-bincang dengan user lain dengan menggunakan media elektronik.

· Newsgroup merupakan ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama. Di internet tersedia bermacam-macam newsgroup dengan tema-tema yang berbeda. Untuk dapat menikmati fasilitas, kita harus terkoneksi ke ISP ( Internet Service Provider) yang menyediakan fasilitas newsgroup karena tidak semua ISP menyediakannya.

( Tim Divisi Penelitian dan Pengembangan.2005.Microsoft Windows XP. Yogyakarta: ANDI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar